Saturday, April 30, 2011

30th KL INTERNATIONAL BOOK FAIR!

Crowded . Begitulah suasana terasa di Gedung Pusat Dagangan Dunia Putra (Putra World Trade Centre) untuk sepuluh hari ini. Tidak mengherankan, sebab sejak tanggal 22 April sampai dengan 1 Mei 2011 ini ada Pesta Buku Antarbangsa, atau lebih popular dengan sebutan KL International Book Fair 2011! Di Indonesia, Hari Buku Dunia pertama kali diperingati pada tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca (FIM). Berbeda dengan di Indonesia, perayaan tahun ini merupakan kali ke-30nya bagi Negara Malaysia, yang diprakarsai oleh Majlis Buku Kebangsaan Malaysia (MBKM).

Pelaksanaan Pesta Buku Antarbangsa KL 2011 ini telah diresmikan oleh Timbalan Perdana Menteri, Tan Sri Dato’ Haji Muhyiddin bin Mohd. Yassin yang juga merangkap sebagai Menteri Pelajaran Malaysia, pada hari ke-4 yaitu tanggal 25 April 2011. Juga beberapa patah kata dari Dato’ Abd. Ghafar bin Mahmud, selaku Ketua Pengarah Pelajaran Malaysia.

Pesta Buku Internasional KL tahun ini bertemakan Dunia Tanpa Sempadan (World Without Borders) yang dilaksanakan mulai jam 10.00 pagi sampai dengan 9.00 malam. Walaupun hanya terlihat seperti ajang promosi buku-buku baik dalam negeri maupun mancanegara, ternyata di dalamnya terdapat berbagai macam acara-acara menarik, seperti ; launching buku- yang dikunjungi langsung oleh sang penulis-penulis terkenal Malaysia, pelatihan penulisan, pertandingan mewarna & melukis, persembahan puisi anak, pertandingan bercerita (story telling), dan banyak lagi lainnya. Bahkan, pada hari ke-9 pelaksanaan, penulis terkenal Indonesia, Habiburahman el-Shirazy ikut dalam kemeriahan pesta buku kali ini. Beliau tampak duduk di depan etalase penerbit buku Indonesia, dikerumuni orang-orang yang meminta tanda tangan pada buku karangan beliau yang telah dibeli, atau sekedar mengambil foto. Sebelumnya ada kabar bahwa Andrea Hirata, penulis Laskar pelangi-pun akan hadir pada hari tersebut. Namun belakangan terdapat informasi bahwa kedatangannya telah di cancel. Sayang sekali ya?

Satu ketidaknyamanan pada Pesta Buku KL 2011 yaitu tempat yang terlalu crowded (ramai, penuh). Padahal bisa dikatakan PWTC merupakan tempat yang sangat luas untuk menampung 734 gerai pameran yang ada. Di tambah lagi beberapa pentas untuk acara dan kamar-kamar VIP untuk sesi wawancara untuk mereka yang mempromosikan buku. Sangat disadari bahwa hal seperti ini jelas menunjukkan adanya apresiasi yang besar dari masyarakat Malaysia terhadap pesta buku yang terunggul di rantau ini. Namun walaupun begitu, masih ada di sudut-sudut pameran anda temukan ask corner, atau langsung pergi ke meja secretariat, untuk kemudahan dalam mencari informasi tempat dan waktu pelaksanaan segala acara.

Pelaksanaan World Book Day di negara manapun diselenggarakan, selalunya bertujuan untuk membuka ruang partisipasi seluas-luasnya kepada masyarakat dalam penguatan budaya baca. Menurut kalender Internasional Book Fair 2011, khusus Indonesia Book Fair akan dilaksanakan pada tanggal 16-20 November 2011 ini di Jakarta, Indonesia.

Nah, walaupun pelaksanaan World Book Day hanya sekali dalam setahun, budaya baca dalam diri kita harus tetap dikembangkan setiap saat dan dimanapun berada ya!

Annaba Ghassani

Kl, 30 April 2011.

No comments:

Post a Comment